-->

Cara Mudah Menghemat Disk Space Hosting

Cara Mudah Menghemat Disk Space Hosting

Cara Mudah Menghemat Disk Space Hosting - Kalau bicara soal internet maka tidak akan jauh - jauh dari yang namanya website atau blog yang mana website dan blog ini lah yang mengisi dunia internet.

Sekarang ini untuk membuat website sangatlah mudah karena sudah banyak penyedia hosting baik itu gratis atau berbayar namun tentu saja hosting sendiri memiliki disk space dan semakin mahal harga hostingnya maka semakin besar pula disk space yang kita dapatkan , namun bagaimana bila kita tidak punya uang dan membeli hosting dengan disk space yang kecil ?

Mau tidak mau kita harus mengupgrade hosting kita dan tentu saja itu tidak gratis namun apa bila kalian sedang tidak ada uang maka kalian bisa mengakalinya dengan cara menghemat disk space , bagaimana cara menghemat disk space ?

Berikut Cara Menghemat Disk Space Hosting :

1. Menghapus File Error Log Di Cpanel


Cara pertama adalah menghapus file error log dicpanel yang mana file ini menampung pesan - pesan sistem error pada kita dan sebagian besar itu tidak penting ada baiknya kalian mengosongkan file ini.

Caranya login ke cpanel anda dengan cara mengunjungi www.domainkamu.com/cpanel atau lewat client area ditempat kamu membeli hosting , kemudian buka file manager dan pilih public html cari sebuah file error log nah kalian tinggal delete isi dari file itu

2. Jangan Instal Plugin Yang Berukuran Besar


Plugin memang sangat membantu kita dalam memperindah post atau bahkan mengatur urusan SEO web itu sendiri namun taukah kalian bahwa plugin juga memakan kapasitas disk space kita dan semakin banyak plugin yang kita instal maka semakin banyak pula disk space yang terpakai.

Contohnya salah satu plugin yang populer dipakai adalah jetpack plugin super satu ini multifungsi dimana Jetpack menyediakan fitur Statistik , Populer Post , Facebook Page dan lainnya.

Plugin ini termasuk plugin berat jadi ada baiknya agan mengganti plugin ini dengan plugin lain contohnya cobalah instal Plugin Google Analytics untuk menggantikan fitur statistik dari jetpack dengan begini kapasitas disk space anda jadi lebih hemat

3. Memakai Pihak Ketiga 


Ketika kita membuat artikel maka biasanya kita pasti menyisipkan gambar pada artikel kita agar terlihat lebih menarik namun gambar - gambar ini juga memakan disk space kita.

Ada tips untuk mengatasi ini yaitu menggunakan pihak ketiga untuk menyimpan gambar, kita bisa lewat photobucket atau lainnya.

4. Hapus Komentar 


Hapus komentar - komentar yang tidak penting karena hal ini juga mempengaruhi kapasitas disk space hosting kita


Cara - cara diatas hanya akan mengurangi disk space sementara saja jadi bila sudah ada dana sebaiknya upgrade hosting anda. Itulah tadi Cara Mudah Menghemat Disk Space Hosting