-->

Cara Membuat Artikel SEO Agar Jadi Page 1 Google



Artikel adalah point utama dalam sebuah blog semakin bagus artikelnya maka semakin banyak pula visitor blog kita.

Namun artikel bagus saja tidak cukup untuk membuat blog anda ramai visitor karena untuk mendapatkan pengunjung artikel kita harus masuk dalam 10 besar page google.

Itu karena rata - rata orang yang menggunakan google untuk mencari informasi hanya akan membuka blog - blog yang mereka lihat pertama kali , kalian juga pasti begitu kan ? mentok - mentok paling cuman sampai 10 blog teratas saja yang dilihat.

Artikel yang bagus saja tidak cukup untuk membuat artikel blog agan berada diposisi satu google , ada hal lain yang perlu agan terapkan pada blog agan yaitu SEO.

Apa itu SEO ?

SEO ( Search Engine Optimization ) adalah suatu aktifitas untuk meningkatkan keterlihatan situs web dalam mesin pencari

Contohnya blog agan adalah blog seputar makanan namun blog agan tetap sepi pengunjung lalu agan melakukan SEO pada artikel dan perlahan blog agan mulai ramai dikunjungi visitor itu karena artikel agan tampil di posisi 1 google.

Sebenarnya untuk menerapkan SEO pada artikel tidaklah sulit , berikut Cara Membuat Artikel SEO Agar Jadi Page 1 Google


Syarat Dasar

  1. Riset Keyword
  2. Original Artikel
  3. Artikel yang bermanfaat
  4. Eksternal Link & Internal Link
  5. Meta Description
  6. Keyword Pada Judul Artikel
  7. Artikel untuk manusia

Kurang lebih diatas adalah 7 syarat agar artikel seo friendly namun apa saja maksud dari syarat diatas ? mari kita bahas satu - satu.

1. Riset Keyword

Sebelum membuat artikel ada baiknya kita meriset keyword artikel yang akan kita buat , contohnya artikel agan tentang SEO maka gunakanlah keyword yang kira - kira sering digunakan oleh orang.

Kalo agan salah kaprah menggunakan keyword yang volume pencariannya kecil maka pengunjung artikel agan jadi sedikit bahkan mungkin tidak ada sama sekali.

Untuk mempermudah agan agar tidak perlu repot - repot kesana - kesini nyari keyword silahkan agan gunakan jasa SERP keyword disitus ini Keywordtool.io

Isi artikel juga bisa kalian tambahkan keyword - keyword dari google terkait seperti dibawah ini


Maka dari itu pikirkan terlebih dahulu keyword yang akan agan gunakan setelah itu baru tentukan isi artikelnya

2. Original Artikel

Google sudah lama memberitahu bahwa artikel original adalah yang paling penting , apa itu artikel original ? artikel original adalah artikel yang dibuat sendiri alias tidak copas.

Mesin google itu sangatlah pintar jadi mereka bisa membedakan mana artikel copas dengan artikel original , agan bisa mengecek keaslian artikel agan lewat situs Copyscape

3. Artikel Yang Bermanfaat

Tidak bisa dpungkiri bahwa isi artikel juga sangat penting bagi SEO mengingat Google juga menentukan ranking artikel melalui kualitas artikel.

Google adalah web pencarian terbesar didunia jadi tentu saja mereka harus memberikan layanan terbaik bagi para penggunanya dan salah satunya adalah memberikan hasil pencarian yang bermanfaat.

Tidak mungkin google menampilkan artikel yang bobotnya rendah pada penggunanya karena google sangat mengutamakan kenyamanan pembaca.

Semakin berbobot artikel kita maka semakin besar pula peluang kita jadi posisi satu google.

4. Eksternal Link & Internal Link

Banyak yang mengira hal ini tidak penting namun itu tidak sepenuhnya benar , ada baiknya kita menaruh eksternal link dan internal link pada artikel kita.

Eksternal Link adalah link yang mengarah pada luar web kita jadi untuk menaruh eksternal link pastikan agan menaruh link yang dapat dipercaya agar google melihat web anda bisa dipercaya karena memberikan referensi - referensi berkualitas.

Internal Link adalah link yang mengarah pada web kita atau halaman web kita , biasanya orang - orang menggunakan internal link untuk membuat Related post ditengah artikel. Hal ini bisa meningkatkan pageview blog agan.

Coba kalian lihat situs Wikipedia ada berapa banyak link dalam 1 artikelnya ? ada banyak sekali referensi yang ditaruh wikipedia dalam 1 artikel

5. Meta Description

Bisa dibilang meta description adalah pintu bagi rumah kita semakin menarik pintunya maka orang akan penasaran isi didalam rumah itu , karena meta description akan terlihat dihalaman mesin pencari


Google sendiri membatasi penulisan meta description hanya 165 karakter maka dari itu kita harus membuat meta description sebaik mungkin.

Untuk membuat meta description cukup mudah bila kalian pengguna Wordpress.org maka cukup instal plugin yoast seo atau All in One Seo Pack namun bila kalian pengguna Blogger maka ada yang harus kalian atur dulu , ( Selengkapnya : Cara Membuat Meta Description Pada Postingan Blogger )

6. Keyword Pada Judul Artikel

Ketika kita membuat artikel pasti ada judul dari artikel itu kan namun jangan anggap remeh judul artikel karena judul artikel juga bisa mempengaruhi posisi kita di search engine.

Dari ilmu - ilmu yang saya dapat mengenai SEO ada satu syarat yang harus digunakan yaitu menaruh keyword pada judul artikel , contohnya isi artikel agan soal Artikel SEO maka judulnya kira - kira seperti ini

Cara Membuat Artikel SEO
Tips Mudah Membuat Artikel SEO

Nah kira - kira judul artikelnya seperti diatas harus ada keyword dari isi artikel yang akan kita tulis , jangan membuat judul artikel yang terlalu panjang dan tidak masuk akal dengan isi artikelnya.

7. Artikel Untuk Manusia

What ? artikel untuk manusia ? maksudnya bagaimana ?

Tenang gan mari saya jelaskan , google adalah web pencari yang sangat cerdas bahkan bisa dibilang lebih cerdas dari manusia hehehe.

Ketika seseorang mencari sesuatu digoogle maka mereka pasti mencari artikel yang pas dengan pencarian mereka dan google paham itu.

Mesin google secara otomatis akan menaruh artikel - artikel yang berkualitas diposisi atas , semua artikel itu adalah artikel yang menurut google nyaman untuk dibaca oleh manusia.

Inilah pentingnya seberapa lama pengunjung diblog agan , semakin lama pengunjung membaca artikel agan maka semakin bagus pula bagi seo.

Jangan menggunakan kalimat - kalimat yang salah serta Bold , Italic , dan Underline yang berlebihan karena itu bisa menggangu pembaca.

Buatlah artikel yang panjang namun jangan kalian isi dengan basa - basi yang tidak penting karena orang mencari digoogle untuk mendapat informasi secepat mungkin jadi kalo mereka tidak kunjung mendapat informasi yang ia ingin maka ia akan pergi kesitus lain.

Ada kabar bahwa tips - tips dasar SEO banyak yang sudah tidak work contohnya penulisan keyword diparagraph pertama , keyword di atas , tengah dan bawah artikel , bold pada keyword dan lainnya.

Namun itu semua tergantung pada agan sendiri tapi menurut saya itu memang benar lantaran google saat ini mengurut artikel dari kualitas untuk manusia bila kalian menerapkan tips - tips seo diatas maka artikel kalian itu sama seperti untuk robot.


Apa bila cara - cara diatas sudah kalian terapkan maka selanjutnua tinggal berdoa saja dan melakukan seo off-page untuk web agan atau blog agan.