-->

Makan Mie Berbahaya Bagi Kesehatan ?

Makan Mie Berbahaya Bagi Kesehatan ?

Nicost.club - Mie Instan adalah makanan yang enak selain enak mie instan juga mudah disajikan karena hanya butuh air panas untuk membuatnya.

Makanan instan ini termasuk makanan favorit orang indonesia kelas menengah kebawah , harganya yang murah membuat banyak orang indonesia memilih makan mie untuk mengganjal perut yang terlanjur keroncongan.

Namun ada beberapa isu yang mengatakan bahwa mie instan itu berbahaya bagi tubuh , apa benar begitu ?

Mari kita bahas lebih lanjut



Bahan Umum Mie Kering

Bahan untuk membuat mie pada umumnya adalah tepung terigu , minyak sawit dan garam sementara bahan untuk bumbu penyedapnya adalah garam, monosodium glutamat, bumbu dan gula.

MSG adalah sebutan untuk bumbu yang biasa disediakan dalam kemasan mie instan dan perlu anda ketahui bahwa MSG saja sudah cukup untuk menjadi alasan mengapa banyak orang melarang anaknya mengkonsumsi mie berlebihan.

MSG bisa memicu kerusakan jaringan otak dan bila jaringan otak rusak maka kemampuan berpikir anak akan menurun hal ini bisa mempengaruhi prestasi anak.

Dari pada menggunakan bumbu dari kemasan ada baiknya membuat bumbu sendiri dengan bahan - bahan yang terjamin , ada banyak mie yang bisa dibeli tanpa bumbu kemasan.



Karbohidrat Rendah

Makan mie memang mengenyangkan namun mie tidak menambah karbohidrat dalam tubuh , karbohidrat berfungsi sebagai bahan bakar kita ketika melakukan pekerjaan - pekerjaan.

Hal ini bisa membuat kamu lemas namun bila kalian tidak mempermasalahkannya maka tidak masalah tapi sebaiknya jangan mengkonsumsi mie setiap hari apa lagi menjadikan mie sebagai sarapan.

Bagaimana bila keadaan mendesak dan terpaksa makan mie ? jika hal itu terjadi maka makanlah mie bersama makanan pelengkap seperti sayur , daging atau telur.

Jangan memakan nasi campur mie karena hal itu hanya akan menumpuk karbohidrat dalam tubuh , dan bila karbohidrat tidak dibakar dengan baik maka sisa karbohidrat akan diolah jadi gula dan bila hal itu terus menerus terjadi maka penyakit gula akan menanti anda.



Minim Nutrisi

Didalam satu bungkus mie yang kita makan ternyata sedikit sekali kandungan nutrisinya , bila dibandingkan dengan nasi maka nasi masih lebih bernutrisi dari pada nasi.

Jadi jangan pernah berpikir bahwa mie bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anda atau anak anda.


Bahaya Makan Mie Instan


1. Penyebab Kanker
Berdasarkan penelitian dokter beberapa kasus penyebab kanker adalah mie , hal ini karena mie mengandung lilin dan lilin sangat lama bila diolah oleh tubuh yaitu sekitat 2 hari.

Bayangkan saja bila anda mengkonsumsi mie setiap hari maka zat lilin itu akan menumpuk dan itu bisa memicu kanker seperti kanker usus atau leukemia 

2. Chinese Restaurant Syndrome
Penyakit ini sama seperti keracunan , penyebabnya adalah  MSG yang berlebihan. Zat MSG yang terkandung dalam bumbu ini terkadang bisa memicu keracunan bila dikonsumsi berlebihan dan oleh orang yang tidak tahan dengan MSG.

Gejalanya adalah pusing dan sesak nafas namun akan segera hilang dalam 2 - 3 Jam

3. Kerusakan Jaringan Otak
Mengkonsumsi mie instan terus menerus sama halnya dengan menumpuk zat kimia dalam tubuh , Semakin banyak zat tertumpuk maka resiko kerusakan jaringan otak semakin tinggi.

Bila jaringan otak rusak maka kemampuan daya pikir seseorang jadi menurun hal ini bisa jadi bahaya makan mie untuk anak karena bisa mengganggu prestasi anak.

4. Keguguran
Apakah anda pernah mendengar bahaya makan mie instan bagi wanita hamil ? jika ia maka sebaiknya berhenti mengkonsumsi mie instan karena itu memang benar.

Mie instan mengandung pengawet dan zat kimia lain hal itu jelas bisa mengganggu pertumbuhan janin dalam tubuh anda.

5. Obesitas
Obesitas adalah sebuah penyakit kelebihan berat badan dan ternyata mie juga bisa menjadi penyebab obesitas , itu karena mie mengandung lemak dan natrium.


Kesimpulan

Makan mie instan berbahaya bagi manusia ? jawabannya iya.

Seperti yang saya tulis diatas bahwa mie instan memiliki bahaya bagi tubuh manusia , bila memang anda terpaksa memakan mie instan maka makanlah dengan aturan makan mie instan.