-->

Cara Menurunkan Kolesterol, Perlu Anda Ketahui

Cara Menurunkan Kolesterol, Perlu Anda Ketahui

Cara Menurunkan Kolesterol, Perlu Anda Ketahui! Tubuh Anda membutuhkan beberapa kolesterol agar berfungsi dengan baik. Tetapi jika Anda memiliki terlalu banyak darah Anda, itu bisa menempel pada dinding arteri Anda dan menyempit atau bahkan memblokir mereka. Ini menempatkan Anda pada risiko penyakit arteri koroner dan penyakit jantung lainnya .

Ada dua jenis utama kolesterol. LDL adalah kolesterol "jahat". Tingkat LDL yang tinggi menyebabkan penumpukan kolesterol di arteri Anda. HDL adalah kolesterol "baik". Ini membawa kolesterol dari bagian lain dari tubuh Anda kembali ke hati Anda. Kemudian hati Anda menghilangkan kolesterol dari tubuh Anda. Berikut adalah Cara Menurunkan Kolesterol.

Ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menurunkan LDL (jahat) kolesterol dan meningkatkan kolesterol HDL (baik) Anda. Dengan menjaga kadar kolesterol Anda dalam jangkauan , Anda dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Perubahan gaya hidup untuk menurunkan kolesterol
Perubahan gaya hidup sehat jantung yang dapat membantu Anda menurunkan atau mengontrol termasuk kolesterol Anda

Makan sehat jantung. Rencana makan yang sehat untuk jantung membatasi jumlah lemak jenuh dan lemak trans yang Anda makan. Ini merekomendasikan bahwa Anda makan dan minum hanya kalori yang cukup untuk tetap pada berat badan yang sehat dan menghindari penambahan berat badan .

Ini mendorong Anda untuk memilih berbagai makanan bergizi, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan daging tanpa lemak. Contoh rencana makan yang dapat menurunkan kolesterol Anda termasuk diet Perubahan Pola Hidup Terapeutik dan rencana makan dash .

Manajemen Berat. Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan LDL (jahat) kolesterol Anda. Ini sangat penting bagi orang-orang dengan sindrom metabolik .

Sindrom metabolik adalah sekelompok faktor risiko yang mencakup tingkat trigliserida tinggi, kadar kolesterol HDL (baik) rendah, dan kelebihan berat badan dengan ukuran pinggang besar (lebih dari 40 inci untuk pria dan lebih dari 35 inci untuk wanita).

Aktivitas fisik. Setiap orang harus melakukan aktivitas fisik secara teratur (30 menit pada sebagian besar, jika tidak semua, hari).

Mengelola stres. Penelitian telah menunjukkan bahwa stres kronis terkadang dapat meningkatkan kolesterol LDL Anda dan menurunkan kolesterol HDL Anda.

Berhenti merokok. Berhenti merokok dapat meningkatkan kolesterol HDL Anda. Karena HDL membantu menghilangkan kolesterol LDL dari arteri Anda, memiliki lebih banyak HDL dapat membantu menurunkan kolesterol LDL Anda.

Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol?

Obat-obatan untuk menurunkan kolesterol

Bagi sebagian orang, membuat perubahan gaya hidup saja tidak cukup menurunkan kolesterol mereka. Mereka mungkin juga perlu minum obat. Ada beberapa jenis obat penurun kolesterol yang tersedia. Mereka bekerja dengan cara yang berbeda dan dapat memiliki efek samping yang berbeda. Bicaralah dengan dokter Anda tentang obat mana yang tepat untuk Anda.

Lipoprotein apheresis untuk menurunkan kolesterol

Hiperkolesterolemia familial (FH) adalah bentuk penurunan kolesterol tinggi. Beberapa orang yang mengalami FH mungkin mendapatkan perawatan yang disebut lipoprotein apheresis. Perawatan ini menggunakan mesin penyaringan untuk menghilangkan kolesterol LDL dari darah. Kemudian mesin mengembalikan sisa darah kembali ke orang tersebut.

Suplemen untuk menurunkan kolesterol

Beberapa perusahaan menjual suplemen yang mereka katakan dapat menurunkan kolesterol. Para peneliti telah mempelajari banyak suplemen ini, termasuk beras ragi merah, biji rami, dan bawang putih. Pada saat ini, tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa salah satu dari mereka efektif dalam menurunkan kadar kolesterol.  Juga, suplemen dapat menyebabkan efek samping dan interaksi dengan obat-obatan. Selalu periksa dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum Anda mengonsumsi suplemen apa pun. Diatas beberapa cara menurunkan kolesterol yang dapat Anda ikuti.