-->

Tips Mudah Meredakan Badan Pegal Linu

Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya pegal linu mulai dari orang tua sampai anak - anak , penyakit ini sangatlah mengganggu karena ketika badan kita mengalami pegal linu semua terasa tidak nyaman sehingga kita jadi susah beraktifitas.

Hal pertama yang dilakukan orang untuk mengatasi pegal linu adalah dengan cara dipijat atau urut tanpa mempertimbangkan untuk memeriksakan diri ke dokter dahulu.

Apa penyebab badan pegal linu ? Pegal linu sendiri terjadi karena adanya ketegangan diotot kita dan menyebabkan cedera otot atau tendon. Biasanya pegal linu muncul akibat bekerja , olah raga berlebihan , mengangkat beban berat dengan posisi yang salah , dan masih banyak lagi.





Pegal linu mungkin hanyalah penyakit yang biasa saja dan akan reda sendiri namun perlu anda ketahui bahwa pegal linu bisa jadi kronis bila tidak ditangani dengan tepat. Berikut tips mudah meredakan badan pegal linu yang aman.



1. Tidur Yang Cukup

Tidur adalah saat dimana orang beristirahat dan pada saat kita tertidur otot - otot kita juga ikut beristirahat , penyebab pegal linu sendiri karena otot kita tegang dan dengan tidur otot - otot kita akan kembali rileks. Cara ini cukup maksimal untuk meredakan badan pegal linu.


2. Kompres Es Batu

Es Batu biasa sering kita jumpai diminuman atau sebagai pengawet namun jangan salah ternyata es batu juga bisa meredakan pegal linu dibadan , hal ini karena hawa dingin es akan membuat otot - otot kita jadi beku atau mati rasa dan itu akan membuat rasa nyerinya menghilang.

Contohnya pernah gak sih kalian nonton sepak bola ? nah dalam sepak bola kerap kali pemain bola terjatuh dan mengalami cedera pada saat itu akan ada tim medis yang masuk kelapangan untuk mengobati sang pemain bila kalian perhatikan dengan teliti tim medis itu akan memberikan kompres es batu kepada sang pemain untik meredakan nyeri dibadang sang pemain.


3. Memanfaatkan Kulit Manggis

Buah Manggis selain memiliki rasa yang enak ternyata kulit manggis juga bisa meredakan pegal linu dengan cepat lantaran kandungan vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis.
Caranya mudah saja :

  • Potong mulit manggis kecil - kecil
  • Selanjutnya jemur dahulu kulit manggis hingga kering sempurna
  • Tumbuk kulit manggis hingga halus dan menjadi bubuk
  • kemudian seduh bubuk kulit manggis dengan air dan minum

4. Minyak Cengkeh 

Minyak cengkeh adalah obat herbal yang mampu meredakan pegal linu dan cara penggunaannya juga sangat mudah sekali kalian hanya perlu memanaskan minyak cengkeh tunggu hingga dingin kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terasa nyeri.


5. Mengkonsumsi Pisang

Pisang adalah buah dengan banyak sekali manfaat yang terkandung didalamnya salah satunya adalah membuat anda terbebas dari rasa pegal , kalian hanya perlu memakan pisang setiap hari dan kalian akan merasakan manfaatnya.


6. Minum Susu

Pegal linu muncul tidak lain karena tubuh kita kurang kalsium , untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh kalian bisa meminum susu 3x sehari dengan begitu kalsium ditubuh anda tercukupi dan rasa nyeri akibat pegal linu akan hilang.



7. Lakukan Peregangan

Ada baiknya anda melakukan peregangan setiap hari agar otot - otot anda tidak kaget saat bekerja dan tidak lemas , untuk peregangan cukup lakukan jalan santai atau jogging.


8. Minum Air Putih

Pernah kah kalian disuruh orang tua untuk minum air banyak - banyak ? ternyata itu bukan tanpa alasan , minum air putih ternyata banyak mengandung manfaat salah satunya mengurangi pegal linu dibadan dimana air putih akan mengeluarkan asam urat yang berlebih ditubuh kita bersamaan dengan air urin.


9. Berendam Dengan Air Hangat

Cara sederhana ini ternyata mampu meredakan pegal linu anda lebih cepat kalian hanya perlu berendam selama 20 menit dan nyeri dibadan anda akan hilang.


10.  Daun Rosemary

Daun Rosemary mungkin masih terdengar asing ditelinga kita namun ternyata daun rosemary memiliki mamfaat untuk meredakan otot kita yang meradang karena Daun Rosemary memiliki anti-peradangan.

Caranya cukup mudah kalian hanya perlu merebus daun rosemary kemudian tunggu hingga hangat dan gumakan untuk membilas badan yang terasa pegal.


Itulah tadi tips mudah meredakan badan pegal linu , ketika badan kalian terasa pegal silahkan gunakan cara - cara diatas dan semoga pegal linu anda bisa hilang.